Alamat: Jalan Lintas Sigura – Gura, Parhitean, North Meranti, Pintu Pohan Merant, Toba Samosir Regency, North Sumatra 21274
Provinsi: Sumatera Utara
Panjang : Arung jeram Sungai Asahan merupakan aliran 22 Kilometer
Grade : 4 – 5

Sungai Asahan, mengalir dari Danau Toba, Danau Kawah terbesar di dunia, melewati Bendungan Sigura-gura melewati lembah pegunungan Bukit Barisan, sebelum mengalir ke Selat Malaka di Teluk Nibung.

Berpusat di Kecamatan Bandar Pulau di Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara, jalur Sungai Asahan disebut-sebut sebagai arung jeram terbaik ke-3 di dunia, cuma setingkat di bawah Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat.

Jeram dimulai di depan bendungan Sigura-gura di Tangga desa dan berakhir di kota Bandar Pulau yang muara sungai. Aliram sungai Asahan adalah luar biasa cepat dan terus menerus dengan debit airnya mencapai hingga 120 meter per kubik per detik. Dengan kedalaman rata-rata 5 meter, karakteristik sungai yang canggih dan derasnya arus telah membentuk perjalanan yang memiliki tingkat kesulitan kelas 4-5 (dalam skala 1 sampai 6). Hal inilah yang membuat Sungai Asahan menjadi arung jeram adegan kelas dunia, karena cocok untuk tingkat profesional atau ahli dari seluruh dunia.

Arus derasnya mengikuti lembah Bukit Barisan yang eksotis. Ujungnya di Selat Malaka via Teluk Nibung. Lebih detail, sungai ini memiliki empat section tingkat kesulitan. Favoritnya, tentu saja sisi Never Ever End.

Perjalanan arung jeram dibagi menjadi empat bagian dengan berbagai karakteristik dan tingkat kesulitan. Hanya dari pintu air dari Bendungan Sigura-gura sepanjang jalan ke Jembatan Parhitean, para ‘Never-Ever-Ends’ adalah bagian pertama dari sungai.

Untuk diketahui, jeram Sungai Asahan masuk Top 3 Dunia. Pesaingnya hanya Sungai Zambezi, Zambia, Afrika Selatan, atau Sungai Colorado di Amerika Serikat. Hanya, Sungai Asahan disebut punya banyak kelebihan.

Untuk menikmati arus dan jeramnya secara utuh, rekomendasi diberikan melalui Homestay dan Asahan River Rafting yang menyiapkan treatment terbaik melalui paket-paketnya. Lokasinya di Meranti Utara, Pintu Pohan Meranti.

Setiap tahun, sungai ini menjadi tempat penyelenggaraan event Arung Jeram internasional: The Asahan arung Festival (AWF). Diadakan sejak tahun 2000, acara ini awalnya difokuskan hanya pada kejuaraan Kayak International hingga tahun 2003.

Kejuaraan arung Kayak diikuti oleh kayakesr kelas dunia dari seluruh dunia. event ini dibagi menjadi 3 kategori: head to head, menyusuri sungai dan rodeo. Acara ini telah mencatat banyak nama besar dalam kayakaing internasional: seperti Tao Berman, Jay Kincaid, Mike Abbot, Jared Meehan, Alan Ellard dan banyak lagi.

Untuk bergabung dengan grup arung jeram di Asahan, sebaiknya untuk mendaftar dengan salah satu penyelenggara profesional.