Padang Hash, Berawal Dari Jalan Minggu

0
Hash House Harriers - Wikipedia

Olahraga suatu hal yang terpenting bagi manusia. Apalagi bagi orang-orang sibuk dan sudah memasuki usia tua. Usia yang rentan terhadap berbagai macam penyakit, terutama dengan kesibukan yang tidak sempat membuat orang tersebut lupa merawat tubuhnya sendiri.

“Awalnya hanya kumpul-kumpul untuk jalan-jalan minggu pagi,” ucap salah seorang pendiri padang hash.

Setelah berkumpulnya anggota yang cukup banyak, akhirnya padang hash dideklarasikan di Alahan Panjang pada tahun 2004. “Ternyata hash ini banyak manfaat dan hampir ada di seluruh dunia,” ucapnya.

Walaupun didominasi oleh eksekutif dan orang-orang sibuk di pekerjaannya, kegiatan hasher bukanlah kegiatan mahal. Kegiatan yang berdasarkan keinginan bersama ini, lebih menghemat biaya perjalanan, karena semuanya ditanggung bersama.

“Jelas lebih murah, biaya hotel, transportasi dan akomodasi lainnya ditanggung bersama,” ucap pendiri padang hash, Sowirno.

GM PT Texmaco yang bertugas di Menado sekarang sengaja khusus datang ke Pan Indo Hash XXII di Bandung itu untuk bergabung dengan Padang hash. “Sekalian juga untuk mendaftarakan Menado hash karena belum ada,” imbuhnya.

Dalam satu kali perjalanan peserta tidak pernah dipungut biaya. “Biayanya kalau kita inginkan bersama, lalu hasher yang ikut menyumbang bersama-sama. Lebih irit,” ucapnya.

Related Posts