Gunung Argopuro

0

Gunung Argopuro memiliki trek pendakian terpanjang se-Jawa dengan total panjang pendakian sekitar 40 kilometer dan memiliki ketinggian 3088 mdpl. Gunung Argopuro atau disebut juga “Argopuro” adalah gunung api yang terletak di Jawa Timur tepatnya diperbatasan kabupaten Probolinggo, Situbondo, dan Bondowoso. Ada dua jalur pendakian menuju Gunung Argopuro yaitu pendakian via Bremi dan jalur pendakian via Baderan. Hal tersebut dikarenakan biasanya para pendaki memiliki start pendakian dan finish yang berbeda jalur. Selama perjalanan wisatawan disuguhkan dengan pemandangan indah di sepanjang jalur pendakian. Selama itu banyak wisata lain yang dapat kita jumpai di jalur pendakian Gunung Argopuro.

Gunung Argapura (sering dieja Gunung Argopuro) adalah sebuah gunung berapi kompleks yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi. Puncak Gunung Argapura adalah titik tertinggi di Pegunungan Iyang.

Gunung ini berada kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Iyang, sehingga kompleks ini sering disebut Iyang-Argapura. Kompleks Iyang-Argapura merupakan kompleks gunung berapi raksasa yang mendominasi bentang alam antara Gunung Raung dan Gunung Lemongan di Jawa Timur, Indonesia. Di kompleks ini terdapat untaian lembah sedalam 1.000 m. Pendakian Gunung Argapura Diarsipkan 2017-09-06 di Wayback Machine. memang terbilang memberikan tantangan tersendiri, pasalnya meskipun hanya memiliki ketinggian sekitar 3.088 mdpl, tetapi jalur pendakiannya cukup panjang. Tak heran jika disebut trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa yaitu sekitar 63 Km.

Gunung Argapura merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Iyang serta berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis / Welirang (topografichen Dienst 1928). Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Argopuro dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi).

Gunung Argopuro mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung ini berada di rangkaian Pegunungan Iyang yang membentang dalam wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo, dengan puncak Rengganis ada di wilayah Kabupaten Jember. Di kawasan Puncak Rengganis konon menurut cerita masyarakat sekitar bermukim Dewi Rengganis, adik dari Nyi Roro Kidul.

Argopuro Mountain
Argopuro Mountain has the longest climbing track in Java with the amount of around 40 kilometers long and has 3088 masl high. Argopuro Mountain or also called “Argopuro” is a volcano mountain located in East Java, in the border of Probolinggo, Situbondo, and Bondowoso Regency exactly. There are two climbing tracks to get to Argopuro Mountain, it is via Bremi and Baderan. It is because usually climbers have their own start and finish track of climbing that are different. During the journey, tourists will see beautiful scenery along the climbing track. During that time, there were many other tours that we could find on the Argopuro Mountain climbing track.

Titik tertinggi
Ketinggian 3.088 m (10.131 ft)[1]
Puncak 2.745 m (9.006 ft)
Masuk dalam daftar Ribu
Koordinat 7.97°S 113.57°E 

Related Posts