Wonderful Indonesia Dibidik Jadi Country Branding

Dalam rapat terbatas hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya integrasi kementerian dan lembaga dalam menciptakan citra Indonesia di mata dunia. Salah satu yang paling penting yakni terkait slogan yang dipakai untuk promosi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan slogan yang telah diusung kementeriannya, yakni “Wonderful Indonesia” juga akan dipakai Kementerian Perdagangan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam produk-produk promosi bermuatan Indonesia.

“Nanti contohnya, kalau ada teh itu misalkan dicap Wonderful Indonesia, jadi semua orang tahu, atau dicap gambar merah putih, ditulisi Indonesia. Itulah yang kita maksud dengan country branding, semua produk yang dihasilkan, yang kita ekspor dibrand dengan Indonesia,” kata Arief di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/9/2016).

Dari sejumlah slogan yang telah diusung, Arief mengatakan Jokowi cenderung setuju untuk memakai “Wonderful Indonesia”. Ia mengakui bahwa selama ini, antara pariwisata, perdagangan khususnya produk ekspor, dan promosi investasi tak berjalan seiring, sehingga citra positif Indonesia yang diinginkan belum bisa tercapai.

“Selama ini produk punya brand sendiri-sendiri. Jadi misalkan kalau di tourism, setiap destinasi brandnya beda-beda se-Indonesia. Enggak kelihatan kalau itu Indonesia. Di Indonesia kan kita banyak produk kopi, teh dan sebagainya. Semuanya beda-beda sehingga tidak tahu kalau itu buatan Indonesia,” tukas dia.

(Jn)




This entry was posted in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.