Pesona Alam Pesisir Selatan Ranah Minang

dd Teluk Painan

Kebanyakan orang selama ini lebih mengenal Padang dan Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Barat. Lainnya, mungkin Payakumbuh, Batusangkar, atau Padang Panjang yang masih berada di wilayah pegunungan. Padahal masih banyak daerah lainnya yang juga menyimpan sejuta pesona keindahan alam yang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Salah satunya adalah Pesisir Selatan. Pesisir selatan merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Dengan luas wilayah 5.749,89 km2, Pesisir Selatan menyimpan potensi wisata pantai yang besar, di sepanjang 234 km pantai yang memanjang dari utara hingga ke selatan kabupaten ini. Bisa jadi, daerah ini merupakan salah satu kabupaten dengan garis pantaiterpanjang di Indonesia.

kawasan pulau mandeh.

kjl Kawasan Mandeh sudah dikenal baik di tingkat nasional maupun internasional karena adanya investor asing dari Italia yang mengembangkan resort wisata Cubadak Paradiso. Bahkan Kawasan Mandeh telah menjadi destinasi utama kebijakan sektor pariwisata kebaharian yang dimasukkan ke dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Biak dan Bunaken. Kawasan Wisata Mandeh memang sangat menjanjikan untuk dijadikan tujuan investasi.

Seperti pantai carocok.

index pantai carocok merupakan salah satu tempat wisatawan yang ramai di kunjungi para wisatawan,yang terletak di kecamatan IV jurai,pantai carocok tidak kalah juga keindahan nya dengan pantai lain lainnya.

 

Taluak Tampuruang Batang Kapas.

taluak-tampuruang-4 Dari Utara ke Selatan Pemandangan alam pantai yang menakjubkan ini bahkan bisa dinikmati di sepanjang jalan kabupaten ini. Bahkan dalam perjalanan dari Kota Painan hingga menuju perbatasan dengan Provinsi Bengkulu, Anda akan dimanjakan oleh pesona pantai Pesisir Selatan di sepanjang jalan. Dari Kota Painan menjelang Kecamatan Batang Kapas, jalan raya tepat berada di pinggir pantai, yakni Taluak tempuruang.

pantai nyiur malambai.

Menjelang Kecamimagesatan Sutera, tepatnya di Bukit Teratak, pesona pesisir pantai dan laut di daerah ini akan kembali membuat Anda takjub saat menyaksikannya dari ketinggian. Jika berangkat dengan kendaraan sendiri, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk singgah sejenak di Bukit Teratak yang berada di pinggir jalan raya. Pemandangan sunset dari ketinggian bukit yang memagari kawasan Pantai Nyiur Melambai Taratak ini juga cukup menarik.

Lebih ke selatan, ada kawasan Pantai Pasir Putih di Kecamatan Lengayang yang juga berada di pinggir jalan raya. Kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak muda dan rombongan keluarga di setiap hari libur. Bahkan pada momen Lebaran, kawasan ini selalu dipadati oleh pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Jangan heran, jika kemacetan panjang selalu mewarnainya. Apalagi setiap Lebaran, selalu ada perayaan dan pusat keramaian di objek wisata ini. Di Kecamatan Ranah Pesisir juga terdapat sebuah pantai yang indah, yakni Pantai Sumedang. Sama seperti Pantai Pasir Putih, objek wisata ini juga menjadi salah satu tujuan wisata bagi banyak orang dari sejumlah daerah. Dulunya, juga terdapat arena permainan anak seperti kapal wisata di kawasan ini. Selain itu, para pengunjung juga dihibur dengan iringan musik dari keyboard yang sengaja ditampilkan. Begitu mempesonanya alam Pesisir Selatan membuat kita betah menikmatinya berlama-lama, dan ingin kembali lagi.

 


 // < ![CDATA[
//

//

This entry was posted in BERITA and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.