Nusa Tenggara Timur Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2016

PROVINSI Nusa Tenggara Timur (NTT) sukses menyabet gelar juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2016. Dari 10 kategori yang dilombakan, NTT sukses mengantungi tiga emas, satu perak dan satu perunggu yang diserahkan Menpar Arief Yanya. Saat menerima anugerah itu, Gubernur Frans Lebu Raya mengaku bangga dan senang dengan apresiasi pemerintah terhadap pariwisata di wilayahnya itu.

“Terima kasih atas segala doa dan dukungannya, sehingga NTT berhasil menjadi juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2016. Kami membawa pulang tiga emas, satu perak dan satu perunggu, prestasi yang membanggakan,” tutur Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, dikutip dari akun Facebook resmi Kementerian Pariwisata RI, Minggu (18/9/2016).

NTT memang dinilai pantas membawa pulang gelar juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2016. Di pulau ini, para traveler bisa mendapatkan paket wisata yang lengkap. Dari wisata bahari, kuliner, wisata budaya, hingga wisata minat khusus, semuanya ada dan kualitasnya sudah masuk kategori world class.

Seperti Pantai Nemberala yang terletak di Kabupaten Rote Ndao. Ombaknya ramah bagi peselancar. Wisatawan mancanegara, terutama surfer, banyak yang mengunjungi pantai ini di musim selancar. Nemberala memiliki pemandangan matahari terbenam yang eksklusif, pantai pasir putih yang asri, dan deretan pohon kelapa yang menggoda.

“Mungkin karena ini, Pantai Nemberala menjadi juara di kategori Most Popular Surfing Spot. Keindahan alam dan suasana pantainya banyak dicari wisman asal Australia,” ungkap Frans Lebu Raya.

Selain itu, NTT juga meraih gelar juara lain lewat kategoti Tujuan Wisata Terpopuler Kebersihannya (Most Popular Cleanliness), kemudian kategori situs sejarah terpopuler, trofi juara diraih situs Bung Karno Ende.

Satu emas lainnya, didulang lewat kategori tempat menyelam terpopuler. Untuk yang ini, juaranya adalah Pulau Alor di Kabupaten Alor. Dan tak hanya emas yang sukses disambar NTT. Medali perak dan perunggu juga ikut mampir ke NTT.

Keping perak pertama diraih lewat kategori atraksi budaya terpopuler yang disumbang atraksi budaya Pasola di Sumba Barat Daya. Satu award lainnya, diambil lewat kategori dataran tinggi terpopuler. Menpar Arief Yahya pun tak segan menyampaikan ucapan selamat untuk NTT.

“Selamat buat NTT atas prestasinya, di Anugerah Pesona Indonesia 2016. Banyak orang yang tidak tahu, CNN International sudah merilis, snorkeling site terbaik di dunia ada di Raja Ampat. Runner up-nya adalah Labuan Bajo, NTT,” ucap Menpar Arief Yahya.

(Jn)




This entry was posted in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.