Liburan Akhir Pekan, Yuk ke Curug Leuwi Hejo

TIDAK perlu jauh-jauh liburan di akhir pekan ini untuk keluar dari kepadatan Ibu Kota. Di Bogor, kita bisa nikmati berbagai wisata alam yang menyenangkan untuk didatangi bersama keluarga atau teman, salah satunya Curug Leuwi Hejo, di Sentul, Bogor.

Seperti namanya, curug atau air terjun ini nampak berwarna biru kehijauan atau biru tosca. Tempat ini sudah cukup ramai, memang, karena aksesnya yang sudah mudah didatangi dari Jakarta dan wilayah sekitar Sentul.

Curug ini memiliki aliran mata air yang cukup besar dan luas. Pengunjung bisa menanjak ke atas untuk sampai di titik air terjun dengan kolam airnya yang berwarna biru tosca. Di sana pengunjung bisa berenang sampai melompat dari dinding batu setinggi tiga sampai delapan meter dari permukaan air.

Berangkat dari Pasar Rebo dengan kendaraan pribadi, Curug Leuwi Hejo dapat dicapai melalui Tol Jagorawi dan keluar pintu Tol Sentul Selatan. Kemudian lanjut ke arah kompleks Sentul Nirwana yang tidak jauh dari tempat rekreasi Jungle Land.

Tidak jauh dari sana, kendaraan dapat masuk ke perkampungan dengan jalan menanjak. Arah jalan tersebut sama dengan jalan menuju Gunung Pancar. Jika di jalan nanti Gunung Pancar ke arah kiri, Curug Leuwi Hejo berada di sebelah kanan percabangan jalan.

Jalanan perkampungan cukup sempit untuk dua arah. Kendaraan juga harus berhati-hati karena banyak jalanan menanjak yang rusak dan beberapa jalan berbatasan dengan jurang. Sepanjang perjalanan menuju Leuwi Hejo, wisatawan juga dapat menemukan titik-titik curug lainnya.

Lokasi Curug Leuwi Hejo dapat dikenali dari penanda lokasi yang ada. Setelah memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang cukup luas dan membayar uang parkir sebesar Rp10 ribu untuk mobil.

Setelah itu, kita harus berjalan kaki sebelum sampai di curug dan membayar Rp5 ribu. Untuk informasi, harga bisa berubah sewaktu-waktu dan retribusi lainnya bisa ditarik di titik-titik tertentu.

Tidak perlu khawatir di mana akan berganti pakaian, karena ada beberapa tempat untuk berganti pakaian dan kamar mandi. Selain itu, ada juga mushola dan warung yang menjual makanan dan minuman untuk mengisi perut.

Pastikan juga untuk menggunakan alas kaki yang tepat agar tidak terpeleset atau lepas saat berjalan kaki.

(Jn)




This entry was posted in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.