Inilah Surga Kecil di Morotai Yang Wajib Dikunjungi

Semakin marak masyarakat Indonesia yang berkunjung di wilayah Indonesia Timur. Salah satu destinasi wisata di kawasan Indonesia Timur yang kini menjadi favorit mereka adalah Pulau Morotai.

Dilihati dari nilai sejarahnya, dahulu Pulau Morotai merupakan salah satu bagian dari Kesultanan Ternate yang dijadikan tempat perkumpulan dagang VOC pada akhir abad ke 17.

Kala itu, rempah-rempah adalah tujuan utama VOC bekerja sama dengan Kesultanan Ternate. Namun, kerja sama itu berakhir pada tahun 1942 karena dijajah Jepang.

Dilansir Ezytravel, Rabu (28/9/2016), saat ini, Pulau Morotai tak hanya dikenal sebagai pemasok rempah-rempah, melainkan juga tempat wisata yang sangat indah.

Dikelilingi banyak pulau-pulau kecil nan cantik dan indah, Pulau Morotai menjanjikan keindahan pantai yang luar biasa. Salah satu pulau kecil yang wajib dikunjungi di sekitar Pulau Morotai adalah Pulau Dodola.

Terletak di kawasan Maluku Utara, Pulau Dodola dibagi menjadi dua bagian pulau, Dodola Besar dan Dodola Kecil. Dua pulau ini memang tidak berpenghuni. Oleh karenanya keindahan kedua pulau ini masih tetap terjaga. Sehingga tak heran jika Pulau Dodola dijuluki Surga kecil di Morotai.

Hal yang paling menarik di antara dua pulau ini terjadi ketika laut sedang surut. Ini karena di antara dua pulau tersebut terbentuk jalan pasir yang menyambungkan kedua pulau. Keajaiban inilah yang menjadi daya tarik utama Pulau Dodola.

Selain itu, pasir putih yang halus akan membuat betah berlama-lama menikmati suasana di pantai ini. Fenomena jembatan pasir alami di Pulau Dodola juga menjadi salah satu tempat favorit snorkeling dan diving di kawasan Maluku Utara.

Tercatat ada 13 titik penyelaman yang dapat dinikmati keindahannya. Uniknya, di bawah laut Pulau Dodola terdapat beberapa kapal dan pesawat perang peninggalan Perang Dunia II yang karam dan ditinggali banyak terumbu karang serta ikan-ikan cantik.

Ini karena dahulu kawasan Pulau Morotai sempat jadi perebutan antara Jepang dan Sekutu di masa tersebut. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Pulau Dodola, jangan lupa membawa sunblock agar kulit tidak terbakar matahari.

Selain itu, lotion nyamuk juga perlu dibawa ketika beranjak ke Pulau Dodola Kecil karena banyak nyamuk kecil yang dapat membuat kulit gatal apabila digigit.

(Jn)




This entry was posted in LOKASI and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.