Gowes Pesona Nusantara 2017 di Sawahlunto

Dinas Pariwisata dan Pemuda Kota Sawahlunto menyelenggarakan kegiatan Gowes Pesona Nusantara 2017 dan Pertandingan Gala Desa yang akan dilaksanakan pada Sabtu 15 Juli 2017. Kegiatan ini diadakan oleh Pemerintah Kota Sawahlunto bekerjasama dengan Kementrian Pemuda Olahraga Republik Indonesia.

Kabid Promosi dan Pariwisata Kota Sawahlunto, Soniwan mengatakan, kegiatan itu diadakan dalam rangka untuk meningkatkan semangat masyarakat Sawahlunto dalam berolahraga.

“Kementrian Pemuda Olahraga RI menyediakan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan Gowes Pesona Nusantara 2017 ini. Kegiatan ini diadakan di 34 Provinsi dan 90 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia,” ujar Soniwan.

Ia menjelaskan, target untuk peserta Gowes Pesona Nusantara 2017 mulai dari masyarakat Kota Sawahlunto, hingga masyarakat dari Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Sumbar. Sedangkan untuk peserta lomba Gala Desa harus berasal dari Sawahlunto. Kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Panitia menargetkan, ujarnya, peserta gowes ini sampai 1000 orang, bahkan kalau bisa lebih dari yang ditargetkan. Hadiah yang ditawarkan pun cukup menarik, yakni satu unit Sepeda Motor dan hadiah menarik lainnya untuk peserta yang akan diundi setelah selesai kegiatan.

“Peserta Gowes ini untuk umum mulai dari usia 10 tahun hingga orang lanjut usia yang masih sanggup bersepeda. Untuk 1000 pendaftar pertama Gowes Pesona Nusantara akan mendapatkan baju kaus gratis dari panitia yang akan diberikan pada saat registrasi peserta,” katanya lagi.

Rute yang akan dilalui oleh peserta Gowes Peserta Nusantara sepanjang 11 Kilometer, mulai dari depan Kantor Balaikota Sawahlunto hingga Lapangan Segitiga. Rute ini adalah rute keliling Kota Sawahlunto yang memang sengaja dipilih oleh panitia penyelenggara. “Jadi peserta bisa melihat keindahan panorama yang dimiliki Kota Sawahlunto,” tambahnya

Hal uniknya dari lomba ini, katanya, bagi anak kecil yang bisa menggunakan roda tiga juga boleh mengikuti gowes ini. Namun untuk rutenya tentu lebih pendek dari pada rute peserta lainnya.

“Kegiatan ini akan dimulai pada jam 7 pagi dengan acara senam dari seluruh peserta dan setelahnya akan disambung dengan kegiatan Gowes dan Gala Desa. Peserta bisa mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini bisa dengan langsung mendatangi kantor pariwisata Sawahlunto atau bisa menghubungi kontak yang tertera di brosur,” katanya.

Rencananya pelepasan peserta lomba Gowes Peserta Nusantara ini akan dilakukan oleh Walikota Sawahlunto Ali Yusuf dan yang akan diundang untuk pembukaan kegiatan itu adalah Gubuernur Sumbar dan Kementrian Olahraga atau yang mewakili.




This entry was posted in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.