Cerita Ollon, Bukit Teletubbies ala Tana Toraja


Parimbo.com, Toraja – Destinasi wisata di seantero Nusantara seakan tak ada habisnya. Salah satu yang potensial mendulang rupiah dari wisata adalah Tana Toraja. Mereka memiliki kawasan perbukitan yang sering disebut sebagai Bukit Teletubbies.

Bukit itu bernama Ollon yang terletak di Bua Kayu, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Toraja. Kawasan wisata itu dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi rumput hijau nan asri. Saking indahnya, sebagian warga menyebut lokasi itu sebagai The Lost Paradise karena lokasinya yang berada di pedalaman Toraja.

“Ada yang sebut Ollon itu mirip bukit-bukit di serial animasi Telettubies. Ada pula yang sebut The Lost Paradise karena lokasinya yang tersembunyi,” kata Rasti Pesolong, salah seorang pengunjung wisata Ollon saat ditemui beberapa waktu lalu.

Butuh kerja keras untuk mencapai Ollon. Menurut Rasti, perlu waktu sekitar dua jam lebih dengan menggunakan sepeda motor dari Makale, ibu kota Kabupaten Toraja, hingga tiba di Ollon.

Jalannya berliku mengular, sekitar 60 kilometer. Kondisi jalan pun masih belum bagus, sehingga hanya mobil tipe sport yang mampu sampai ke lokasi wisata Ollon.

Namun perjalanan melelahkan itu, ujar Rasti, tak akan terasa karena di sepanjang jalan ada deretan pegunungan yang menakjubkan.

“Apalagi jika sudah sampai di Ollon, pasti lelahnya hilang,” ucap Rasti.

Kawasan Wisata Ollon benar-benar mampu menyejukkan mata. Perbukitan yang hijau nan asri dibelah oleh aliran sungai yang jernih.




This entry was posted in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.