Berwisata Sejarah Melalui Bogor Heritage Run 2016

UNTUK kedua kalinya, Bogor menyelenggarakan Bogor Heritage Run 2016 (BHR2016). Acara ini dihelat hari ini, Minggu 25 September 2016. Sesuai dengan tujuannya, ajang lomba lari sembari menikmati keindahan pusaka yang tersebar di Kota Hujan ini dimulai tepat pukul 7.30 WIB dengan start line di Makodim 0606/Kota Bogor Jl Sudirman, lalu menuju Jl Jalak Harupat, berbelok ke Jl Salak, lurus ke Jl Ahmad Yani dan berakhir lagi di Makodim 0606.

Kompetisi olah raga yang diselanggarakan PHM Hospitality ini melewati beberapa pusaka kota Bogor, di antaranya, Taman Kencana, Gedung Blenong (BPN), dan sederet heritage flora yang umurnya sudah ratusan tahun yang tersebar di rute sepanjang 5 km.

“Ada dua manfaat yang didapat, lari untuk kesehatan dan lari untuk kepedulian terhadap kota pusaka dengan menyisihkan sebagian hasil uang pendaftaran peserta untuk memperindah Taman Makam Pahlawan Dreded, Bogor,” jelas Hera Nitihardja selaku penanggung jawab acara.

Turut hadir untuk mengapresiasi, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto seusai berlari bersama peserta menyampaikan ajang ini memang harus secara konsisten dilaksanakan untuk mempromosikan Bogor sebagai Kota Pusaka.

“Kami memang telah banyak melakukan pemugaran untuk beberapa titik heritage di Bogor ini dilakukan guna menguatkan Bogor sebagai kota dengan pusaka terbanyak di Indonesia. Seperti Taman Kencana saja sudah ada sejak tahun 1800-an,” ungkap pria yang akrab di sapa Kang Bima ini.

Peserta BHR2016 sendiri tahun ini telah mencapai sekiranya 1200 pelari dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan dari mancanegara. Salah satunya pelari wanita dari Afrika Selatan, Nicolene James yang memboyong keluarganya dan dari Belanda yakni Kees yang sengaja datang untuk mengikuti ajang ini.

“Ya, saya baru pertama kali ke Indonesia. Ajang ini sangat menyenangkan saya tertarik dengan Taman Kencana tadi saat lari, setelah ini (lari) saya mau berkeliling kawasan Heritage di Bogor lagi dengan keluarga,” ungkap Nicolene.

Sedangkan Kees mengungkapkan kekagumannya karena Bogor ternyata banyak menyimpan gedung peninggalan kolonial Belanda dan sama dengan Nicolene dirinya pun akan kembali berkeliling kawasan Heritage di Bogor. “Yes, lot of fun here and i will around Heritage in Bogor after this,” tutupnya.

(Jn)




This entry was posted in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.