3 Destinasi Religi di Aceh Bisa Dinikmati di Liburan Pekan Ini

ACEH dikenal dengan wisata religinya, tahukah kamu ada beberapa destinasi religi yang siap mempesonakan liburan pekan ini. Jika masih kebingungan dalam menentukan destinasi liburan pada hari raya nanti, Aceh bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Provinsi ini memiliki beberapa destinasi wisata religi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dikutip dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, berikut 3 destinasi wisata religi yang wajib dikunjungi saat berada di Aceh.

Masjid Baiturrahman

Masjid ini merupakan salah satu saksi dahsyatnya musibah tsunami yang mengguncang Aceh pada 26 Desember 2004 lalu.

Meski diterjang ombak besar yang diperkirakan ketinggiannya 11 meter, Masjid yang terletak di tepi Pantai Cermin ini, tetap kokoh berdiri di tengah hamparan puing bangunan sekitarnya yang telah hancur.

Masjid Baiturrahman dapat menjadi salah satu pilihan wisata religi, terutama saat Hari Raya Idul Adha nanti.

Kamu dapat memperoleh berbagai informasi sejarah yang menarik, masjid ini merupakan peninggalan Sultan Aceh pada abad ke-17.

Masjid Indrapuri

Masjid ini menjadi saksi sejarah sejumlah peristiwa penting di masa Kerajan Aceh Darussalam. Arsitekturnya pun sangat khas, mirip candi yang memiliki empat sisi.

Pasalnya, masjid ini pertama kali dibangun sekitar abad 12 masehi, jauh sebelum adanya Kerajaan Islam Aceh. Dan dulunya adalah lokasi Kerajan Hindu.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi masjid ini, letaknya berada di kawasan Indrapuri, Aceh Besar. Tepatnya, sekitar 16 km dari Banda Aceh.

Masjid Baitul Musyahadah

Masjid Baitul Musyahadah terletak di Jalan Teuku Umar, Seutui. Keunikan masjid ini terletak pada bagian atapnya.

Atap masjid ini memiliki design yang sangat unik menyerupai kupiah meukeutop (topi khas dalam pakaian adat Aceh), sehingga masyarakat setempat sering menyebutnya Masjid Meukeutop.

(Jn)




This entry was posted in LOKASI and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.